Rabu, 19 Juni 2013

Membuat sebuah komputer dengan OS Windows 7 menjadi sebuah object dalam domain (Join Domain)



Pada saat Windows 2012 Server kita promote atau dijadikan sebagai DC (Domain Controller),  itu berarti bahwa Windows 2012 akan digunakan untuk mengatur dan mengendalikan semua object yang ada didalam domain termasuk komputer.
  
Untuk menjadikan sebuah komputer menjadi object dalam Domain maka, komputer tersebut harus di Join kan ke Domain.

Berikut adalah langkah atau SBS untuk membuat sebuah komputer dengan OS Windows 7 menjadi sebuah object dalam domain (dalam hal ini komputer belum pernah join domain). Sebelum join pastikan bahwa computer client telah memenuhi requirement seperti pada gambar diatas.
Klik Kanan di Computer client pada desktop Windows 7 tersebut  My Computer kemudian pilih Properties, setelah itu  Klik Change settings
Selanjutnya  muncul gambar dibawah ini adalah menu System Properties, Klik tab Change Pilih Domain,  isikan nama Domain Controller example.co.id, lalu klik OK

Masukan User Name dan Password yang ada di Domain Controller dan klik OK.

Join ke domain sepertinya sukses   ditandai dengan notifikasi “Welcome to the example.co.id domain”, klik OK dan restart computer.



Setelah computer client  di restart  maka pertama kali akan muncul menu login yang berbeda dari sebelumnya, pilih switch user kemudian other user,  masukan domain dan user name serta password seperti pada gambar dibawah ini, dilanjutkan dengan meng-klik OK. 

Nah! sekarang komputer atau user ini telah menjadi object untuk domain yang berarti Administrator akan lebih mudah lagi dalam mengelola dan mengatur policy atau kebijakan  yang akan diterapkan dalam jaringan komputer.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar