Selasa, 01 Desember 2020

Yuk kita belajar bagaimana men-sitasi atau membuat rujukan kutipan jurnal agar dapat terindex google scholar atau google cendekia

 


Sitasi atau kita kenal dengan kutipan saat ini menjadi suatu kebutuhan yang boleh dibilang penting didalam penulisan karya ilmiah, sebagai bentuk apresiasi atau penghargaan kita terhadap karya ilmiah seseorang,  yang juga merupakan bagian dari integritas, kejujuran dan keterbukaan dalam dunia akademis  serta masyarakat di lingkungan perguruan tinggi,  jangan sampai  dengan urusan terkait dengan masalah law enforcement dan pelanggaran etika ilmiah dengan melakukan "Copy and Paste,  atau sebaiknya ijin terlebih dahulu jika kalimat atau pernyataannya dikutip dalam tulisan kita.

Sitasi atau penulisan Kutipan biasanya dituliskan pada bagian Daftar Pustaka atau Referensi dari tulisan ilmiah kita.

Bagi yang masih ragu atau bingung bagimana cara  mensitasi yang benar dari tulisan karya ilmiah (jurnal) orang lain, agar terindeks pada google scholar, berikut ini step by stepnya :

1.    Temukan  artikel terkait karya ilmiah yang akan dijadikan rujukan dan kita akan membuat sitasinya pada google cendikia atau google scholar, dengan cara di search….

2.    lalu klik tanda Kutip Dua pada judul yang akan diinsert di daftar pustaka ( " ) seperti contoh pada gambar yang diberi lingkaran.


3. Copy judul tersebut dan insert atau masukan di daftar pustaka skripsi atau jurnal Anda, mudah bukan? selamat mencoba….




3 komentar:

  1. Terima kasih info dan ilmunya prof๐Ÿ™

    BalasHapus
  2. sangat membantu informasinya untuk keperluan mengerjakan tugas makalah, terima kasih Pak ๐Ÿ™

    BalasHapus