Jumat, 02 Februari 2018

Diktat Praktikum Matkul Keamanan Komputer



Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer serta memungkinkan untuk berbagi sumber daya dan data kepada komputer-komputer lain yang dinamakan Client dimana server didukung oleh prosesor yang bersifat scalable dan memori RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus.
Basis data menyediakan fasilitas atau memudahkan dalam memproduksi informasi yang digunakan oleh pengguna untuk mengambil keputusan bagi organisasi atau perusahaan, pengolahan data pada awalnya saling terpisah antar unit komputer dan sering menimbulkan berbagai macam masalah seperti keamanan data dimana  data dapat di akses oleh siapa saja, timbulnya duplikat data sehingga penyimpanan data semakin besar serta tidak terintegrasi, kehilangan data atau terjadi kerusakan data dan lain sebagainya.
Dengan adanya teknologi client – server diharapkan dapat menyelesaikan berbagai masalah yang ada. Pengaksesan data yang dikelola dapat dikelola dengan keamanan yang baik, data dapat  saling terhubung melalui suatu sistem jaringan komputer dan recovery data dapat dilakukan jika terjadi kegagalan sistem, kerusakan data taupun kehilangan data.

Dalam laporan ini akan dibahas mengenai instalasi dan berbagai macam konfigurasi terhadap client dan server sehingga dapat saling berkomunikasi serta berbagi data dalam suatu jaringan.

Skenario dasar adalah seperti ini :

access restriction


TUJUAN :

Setelah mempraktekan ini mahasiswa mampu dan mengetahui bahkan mengimplementasikan pada organisasi atau perusahaan kebijakan keamanan jaringan di lingkungan masing - masing, yaitu dengan menerapkan kebijakan keamanan jaringan komputer melalui pembatasan akses user dengan menggunakan Group Policy Object yang terdapat pada Active Directory di Windows Server 2012, baik itu dapat menerapkan policy untuk komputer ataupun kepada user yang ada di jaringan.
Langkah kerja :




Masih menggunakan dan mengacu pada skenario praktikum sebelumnya.

2    a. Buat step by step seperti gambar disamping.
3    b. Buat pembatasan pada beberapa organizational unit.



1.       Tidak bisa membuka aplikasi.
 -  Word.
 -  Excel.
 -  Powerpoint.
 -  Notepad.

2.       Yang hanya boleh aplikasi dijalankan.
 -  Word.
 -  Excel.
 -  Powerpoint.
 -  Notepad.
3.       Tidak bisa membuka ‘run’
4.       Tidak bisa membuak ‘cmd’



Untuk lebih lengkap silahkan download Diktat atau materi disini :

Salam...


1 komentar: