Rabu, 23 November 2016

Yuk kita kenali perbedaan tiap license seperti OLP, OEM, FPP dan PKC.

Bagaimana saya dapat mengenali atau membedakan software Microsoft asli dengan yang tidak asli ?


Apa manfaat dari perangkat lunak Microsoft asli ?

Dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft asli, Anda pasti dapat mengakses berbagai fitur, keamanan dan dukungan terbaru yang akan membantu meningkatkan produktivitas serta meluaskan kemampuan PC Anda. Anda juga dapat mengakses berbagai inovasi dan penawaran baru yang hanya tersedia bagi pelanggan perangkat lunak Microsoft asli.

Apa Manfaatnya beli Windows Asli ?
- Bebas untuk update

- Bebas untuk download berbagai software di website
www.microsoft.com/download
- Tidak ada kemungkinan disusupi Virus/ Trojan/ Keylooger, yang bisa diinject ke dalam installer Windowsnya.
- Lebih tenang karena aman dari kemungkinan Razia, bisa sampai 500 juta/ 5 Tahun kurungan.
- Lebih tenang Dunia Akhirat, karena menggunakan software bajakan sama dengan membeli/ menggunakan barang curian/ yang bukan haknya.

Apa Perbedaan Lisensi   OLP, OEM, FPP & PKC ?

OLP : Open License Program
Lisensi diperuntukkan bagi perusahaan skala kecil-menengah yang menginginkan harga yang lebih murah daripada FPP. Minimal pembelian pertamanya adalah 5 unit dari produk aplikasi atau server atau system (bisa campur). Lisensi OLP melekat pada organisasi / perusahaan dan dapat ditransfer antar PC dalam organisasi / perusahaan yang sama. Lisensi yang dijual adalah versi terbaru, misal Microsoft Office 2007, Windows Server 2008, dll. Jika menginginkan versi software yang lama pengguna bisa melakukan down grade versi yang lebih rendah dari versi yang dimiliki (Down Grade Right)

OEM: Original Equipment Manufacturer

OEM adalah lisensi yang melekat pada PC / Notebook yang bersifat pre-install. Lisensi ini tidak dapat di transfer ke PC lain, karena lisensi ini mengikat ke 1 PC secara hardware. Apabila PC tersebut rusak (motherboard) maka lisensi ini dianggap hangus.
Bukti lisensi ini berupa stiker COA (Certificate of Authenticity) harus ditempelkan di CPU/notebook, dan aktivasi dilakukan pada komputer masing masing.

FPP: Full Package Product

FPP merupakan lisensi yang dijual secara retail dan tidak mengikat ke hardware. Lisensi ini mengikat ke usernya. Lisensi ini bersifat transferable; dapat dipindahkan ke komputer lain. Bila hardware PC rusak, lisensinya dapat dipindahkan ke komputer lain. Perbandingan 1 lisensi 1 user.

PKC : Product Key Card

PKC , Product Key Card adalah lisensi baru dari Microsoft untuk produk Microsoft Office 2010. Lisensi ini kurang lebih sama dengan lisensi OEM, namun untuk bukti lisensi nya berupa sebuah kartu product key tanpa media (CD). Lisensi ini bersifat mengikat ke hardware PC dan tidak dapat dipindah ke PC lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar