Sabtu, 16 Juni 2012

Kite ulik nyok gimane nge-deploy RemoteApp Program Melalui TS Web Access...



Teknologi Remote Desktop maupun Terminal Service (TS) pada era Windows Server 2000 dan 2003 berfungsi untuk menjalankan aplikasi baik yang ada di server maupun di komputer lain dalam suatu jaringan. Berbeda dengan TS Web Access pada Windows Server 2008 R2 yang saat ini dapat berjalan di atas browser. 

TS  juga sering disebut dengan teknologi Thin Client.  Teknologi ini sebenarnya sudah usang yang sudah ada dan digunakan pada teknologi jenis komputer Mainframe, dimana komputer Mainframe bertindak sebagai server dan beberapa komputer client yang disebut juga sebagai Dump Terminal yang tidak mempunyai processor,  cara kerjanya adalah Dump Terminal mengirimkan data dan informasi lainya ke Mainframe dan selanjutnya Mainframe-lah yang akan melakukan proses, selanjutnya setelah selesai di proses Mainframe akan mengirimkan informasi yang telah diproses ke Dump Terminal kemudian akan memperbaharui tampilan dari Dump Terminal.

Pemain lama dalam teknologi multi-user ini selain Microsoft adalah Citrix, kali ini yang akan dibahas adalah fitur baru TS.  Dalam TS Windows 2008 ini Microsoft berusaha membuat pelanggannya untuk tidak perlu lagi membeli Citrix, karena banyak fitur-fitur yang ada di Citrix yang mereka bangun dan kembangkan sendiri dan dihadirkan dalam Terminal Services Windows 2008. Apa saja fitur – fitur tersebut, seperti dibawah ini :

Terminal Services RemoteApp
 Terminal Services Web Access
 Terminal Services Session Broker
 Terminal Services Gateway
 Terminal Services Easy Print 

 
Terminal Services RemoteApp
User dapat melakukan atau menjalankan aplikasi pada server melalui TS (Terminal Services. TS RemoteApp pada Microsoft mirip dengan Citrix's Application Publishing, dimana pada fitur ini tepat digunakan untuk menyebarkan aplikasi yang tersentralisasi. Hal lainnya adalah bahawa TS RemoteApp juga dapat berjalan parallel  dengan aplikasi yang ada di local (user).
Ada beberapa cara untuk dapat mengakses TS RemoteAPP :

   Dengan RDP Remote Desktop Protocol, file ini dapat dibuat dengan menggunakan 
   TS RemoteApp Manager, setelah itu admin akan membagikan ke user yang  membutuhkan.
    
   Menggunakan Windows Installer Package (.msi), yang nantinya administrator dapat mendeploy ke user lewat TS RemoteApp Manager.



   Dapat melalui Web tapi sebelumnya harus diaktifkan dulu  permission  TS Web Access-nya.


  TS RemoteApp  berguna dalam skenario seperti berikut :


Remote Users.  User dapat bekerja dengan mengakses program / aplikasi kantor dimana pun berada melalui sambungan internet dan memungkinkan juga akses melalui VPN (Virtual Private Network atau men-deploy  TS RemoteApp bersama dengan TS Gateway dengan secure. 
 

 


Branch Office. Dalam lingkup kantor cabang dengan terbatasnya resource IT lokal dan bandwitdth jaringan maka dapat di minimize dengan TS RemoteApp secara sentralisasi dalam penggunaan dan pengelolaan daily task aplikasi.

Line-of-business (LOB) Application Deployment. Perusahaan kadang perlu konsisten untuk menjalankan aplikasi LOB pada komputer dengan versi Windows dan konfigurasi yang bebeda, dari pada men-deploy LOB application untuk semua komputer di perusahaan tentunya dengan menyita waktu dan biaya yang cukup mahal, dapat diatasi dengan menginstal aplikasi LOB pada server terminal  melalui TS RemoteApp.

Application Deployment. Dengan TS RemoteApp memudahkan karena tidak perlu lagi untuk men-deploy dan me-maintain versi yang berbeda dari program yang sama untuk tiap – tiap komputer.  Jika karyawan ingin menggunakan beberapa versi program,   dapat diinstall versi tersebut pada satu atau lebih terminal server, dan users dapat mengaksesnya melalui TS RemoteApp.


Roaming Users. Dalam sebuah perusahaan dengan policy atau kebijakan yang fleksibel, user dapat bekerja dari komputer yang berbeda.  Dalam beberapa kasus, komputer di mana user bekerja mungkin tidak memiliki program yang perlu diinstal di lokal.  Dengan solusi TS RemoteApp program atau aplikasi dapat diinstall pada server terminal tersebut sehingga user available dan dapat menggunakannya,  dimana bagi user seolah-olah program tersebut dipasang secara lokal.

Terminal Services Web Access
User dapat me-remote aplikasi dan desktop yang berada di Terminal Server menggunakan browser web, selain itu juga dengan TS Web Access user dapat mengakses aplikasi ataupun desktop baik yang Intranet ataupun Internet.


Terminal Services Session Broker
Berfungsi untuk melakukan ‘load balancing’ atau pembagian kinerja dan resources didalam terminal server Farm. Dengan menggunakan TS Session Broker Load Balancing ketika ada session baru, Session broker akan mencari Terminal server (dalam Terminal Sever Farm) mana yang mempunyai sesion paling sedikit dan di situlah akan di lakukan,  dengan demikian beban Terminal Server akan balance atau seimbang.

 Terminal Services Gateway
Fitur ini memperbolehkan user di luar untuk terhubung ke dalam jaringan private network menggunakan protokol HTTPS, hal ini membuat koneksi jauh lebih aman karena protokol RDP akan dibungkus (dienkripsi) lagi selain itu dapat berjalan di belakang firewall dan melewati Network Address Translation (NAT), karena HTTPS menggunakan port 443 banyak policy perusahaan yang membuka port tersebut. Dengan menggunakan TS Gateway kita tidak perlu membutuhkan VPN untuk koneksi ke dalam jaringan private network.


Terminal Services Easy print

Fitur ini merupakan penyempurnaan printing redirection pada versi Terminal Services sebelumnnya.  Sebagai gambaran untuk melakukan pencetakan dari Terminal Services biasanya driver printer harus di-install dulu di kedua TS client machine dan TS server machine,  dengan fitur baru TS easy print maka user dapat mencetak dokumen dari Terminal Services tanpa harus meng-install driver printer pada TS server machine (hanya di TS client machine).
Baiklah akan dicoba bagaimana men-deploy RemoteApp Program melalui TS Web Access :

Install terminal server role services.
Buka Server Manager…..



Add role wizard, beri tanda 'tick' pada Terminal Services kemudian klik Next 2 x.


 
Note.
Pada saat ‘TS Gateway’ di beri tanda 'tick' akan muncul untuk konfirmasi ‘required role services’ yang harus di Add.


Klik Do not require Network Level Authentication’  pada pilihan kali ini untuk semua versi RDC  (Remote Desktop Connection), client komputer dapat connect ke terminal server, jangan lupa klik Next untuk melanjutkan.



Untuk sementara pilih Configure Later pada ‘Licensing Mode’ karena pada bahasan kali ini asumsi tidak ada lisensi.



Secara default Administrators group dapat connect ke terminal server, untuk menambahkan users dan users group lainnya silahkan di Add, setelah selesai klik Next.



Berikutnya pada proses ‘TS Licensing Configuration’ pilih This domain, lalu klik Next..

 
Pada windows ‘Server Authentication Certificate For SSL Encription’ pilih Choose a certificate for SSL encryption later artinya pada pilihan lainnya dapat dilakukan nanti menyusul, klik Next untuk ke proses berikutnya.


Pilih later juga untuk ‘Authorization Policies For TS Gateway’, jika ingin       meng-create authorization policies,  jangan lupa gunakan TS Gateway Manager, lanjutkan ke step berikutnya dengan meng-klik Next.


Untuk provide dan menentukan penerapan policy pada windows ‘Network Policy and Access Services’, baik itu yang ada dilokal ataupun remote, serta memastikan bahwa komputer yang terkoneksi ‘compliant’ didalam jaringan organisasi, silahkan klik Next.


 Check list  Network Policy Server’ diteruskan dengan klik Next.


Tahap berikutnya adalah klik Next untuk meng-add roles Web Server (IIS).


Klik Next kembali.


Menu Windows dibawah ini adalah konfirmasi instalasi yang sebelumnya sudah dipilih. Jika sudah yakin klik Install.


Tampak terlihat progress bar seperi ditunjukan pada gambar dibawah ini.


 
Klik Yes untuk me-restart server..

 
Hasil Installasi dapat dilihat pada gambar disamping  ini, jangan lupa klik Close untuk mengakhirinya.


Secara default  remote connections  adalah ‘enable’ setelah installasi terminal server role services, gunakan procedur untuk add users dan group yang diperlukan untuk dapat connect ke terminal server.

Bagaimana konfigurasi server yang nanti akan digunakan sebagai host RemoteApp programs melalui TS Web Access?

Untuk mengakses RemoteApp program melalui TS Web Access, client komputer paling tidak running RDC 6.1 yang terdapat pada system operasi dibawah ini :

Windows 7
Windows Server 2008
Windows Vista Service Pack 1
Windows Xp Service Pack 3

Setelah selesai role di install dan di konfigurasi, sekarang saatnya untuk menginstall aplikasi  (contoh à Office, Foxit Phantom, WinRar, WinAmp, dll) ke dalam TS Server agar dapat digunakan oleh user nantinya. Untuk menggunakan TS RemoteApp, aplikasi yang di install seperti pada contoh diatas perlu didaftarkan dulu,  caranya yaitu , pilih TS RemoteApp Manager pada Administrative Tools lebih lengkapnya lagi lihat screenshot dibawah ini.


Pada Actions pane terlihat ‘Add RemoteApp Programs’, klik hyperlink untuk menjalankan RemoteApp Wizard, setelah itu klik Next.


Beri tanda  'tick' pada program yang akan dipilih yang nantinya akan di add kedalam RemoteApp Programs list, lanjutkan pada proses berikutnya dengan meng-klik Next. Akan ada review settings pilihan yang sebelumnya telah di check list, apabila dirasa masih ada yang perlu di add kembali dapat memilih pilihan pada tab back, tetapi jika telah sesuai silahkan klik Finish.


Hasil lengkapnya dapat dilihat pada screenshot dibawah ini. Sebagai gambaran dan pengetahuan RemoteApp programs juga dapat di deploy melalui file sharing atau metode distribusi lainnya, seperti .rdp files atau Windows Installer packages (.msi), gunakan TS RemoteApp Manager untuk membuatnya pada RemoteApp program list.


Dikesempatan mendatang akan dibahas dan dijelaskan bagaimana men-deploynya.


Karena sebelumnya role services TS WebAccess sudah di install maka jalankan web browser ( disarankan gunakan IE atau Internet Explorer versi 7 dan RDP) dan browse ke URL http://<nama TS server> /ts,  Login dari komputer client dalam hal ini menggunakan Windows 7.

Ketik http://svrweb-apps.example.co.id/ts  akan muncul Windows Security untuk connect ke TS, masukan domain\user name dan password, klik OK.


Tunggu beberapa saat kemudian, akhirnya akan tampak juga hasilnya, untuk mencobanya silahkan dicoba klik icon yang ada di menu TS Web Access.

 
Klik tab connect


Masukan kembali credential dan klik tab OK.


 
Tunggu sesaat, RemoteApp sedang connect ke TS untuk membuka Microsoft Excel 2010.


Hasilnya adalah seperti ditunjukan pada gambar dibawah ini.


Selain itu untuk dapat melakukan koneksi full session (full desktop) dengan TS Server dapat menggunakan tab Remote Desktop, masukan IP address atau Host name TS Server lalu klik connect.

 Berikut tampilan hasilnya.



1 komentar: