Kamis, 05 April 2012

Migrasi itu gampang ternyata......




 Dalam suatu organisasi atau perusahaan sering terjadi   yang namanya  migrasi system operasi untuk itu pembahasan kali ini tentang  bagaimana step by step atau langkah migrasi domain controller atau Migrasi Windows Server 2003 ke Windows Server 2008  R2 (skenario dapat dilihat pada gambar disamping),  sebenarnya tidak begitu sulit, ada beberapa cara pemindahan AD dari Windows Server 2003 ke Windows Server 2008 R2, yaitu :

1. Dengan menggunakan Migration tools dari Microsoft (yang biasa digunakan memindahkan user dan  object lainnya dalam AD ke domain baru)

2. Dengan menjadikan Windows Server 2008 R2 Additional Domain kemudian kita memindahkan  FSMO (Flexible Single Master of Operator) roles dari Windows Server 2003 ke Windows Server 2008 R2.

Bagi yang belum mengetahui apa itu FSMO roles,  sedikit akan dijelaskan. FSMO roles terdiri dari 5 bagian :
1. Schema Master yang menyimpan seluruh class dan atribut didalam active directory, terletak pada : start, run, ketik regsvr32 schmmgmt.dll. kemudian Start, run, ketik mmc dan enter. klik file,  add remove snap-in, klik Active Directory Schema, add.


2. Domain Naming yang menyimpan seluruh penamaan domain dalam AD serta penambahan dan penghapusan domain didalam forest, terletak pada : start, administrative tool, Active Directory Domains and Trusts. klik kanan pada AD Domains and Trusts, pilih Operations Master.

3. RID Master menyimpan ID unique (SID) dari sebuah object (user atau komputer), terletak pada : Start, Administrative tools, Active Directory user and computer, klik kanan pada nama domainnya example.co.id, klik operations master.

4. PDC Emulator untuk sinkronisasi waktu dan bisa seolah-olah menjadi PDC pada versi Windows yang lama, seperti seolah-olah menjadi Windows NT PDC, terletak pada : Start, Administrative tools àActive Directory user and computer, klik kanan pada nama domainnya example.co.id, klik operations master.

5. Infrastructure Master untuk mendistribusikan perubahan dalam satu domain controller ke DC lain menyimpan perubahan terakhir pada objek, terletak pada : Start, Administrative tools, Active Directory user and computer, klik kanan pada nama domainnya example.co.id, klik operations master.

Bagaimana cara Migrasi dari AD Windows Server 2003 ke Windows Server 2008? Berikut sbs nya………

Setelah installasi Windows Server 2008 R2,  kemudian joinkan Windows Server 2008 ke domain Windows Server 2003. Start, klik kanan pada computer, lalu properties.







Lakukan Active Directory Preparation pada Windows Server 2003, sebelum menjadikan windows server 2008 sebagai ADC (Additional Domain Controller) pada domain yang sudah ada, karena pada Windows Server 2003 perlu mengenal Active Directory yang ada pada Windows Server 2008, jadi perlu melakukan yang namanya Active Directory Preparation (adprep) pada Windows Server 2003.

Masukkan CD Windows Server 2008 R2 ke dalam Domain Controller Windows Server 2003, kemudian ketik pada command prompt   d:\support\adprep (pindahkan pada drive yang berisi adprep windows server 2008 R2).  Lakukan persiapkan AD Preparation untuk forest, ketik sekali lagi : adprep32.exe  /forestprep lalu enter.



 
Ketik hurufc’ dan enter untuk melanjutkan.
Tunggu beberapa saat…..dan hasilnya terlihat pada gambar dibawah bahwa Adprep telah sukses ter-update pada forest wide informasi.


Next step mempersiapkan AD Preparation untuk domain, tapi sebelumnya harus menaikkan Domain Functional Level ke minimum Windows Server 2000 native atau Windows Server 2003.  Ketik dsa.msc pada menu Start, Run dan klik tab Ok.


















Proses Active Directory Services sedang berlangsung, proses ini dapat memakan beberapa menit bahkan beberapa jam tergantung dari environment dan pilihan yang dipilih, proses akan langsung restart begitu selesai.
Pindahkan 5 FSMO roles dari Windows Server 2003 ke Windows Server 2008.


















Untuk memastikan bahwa proses berjalan dan tidak ada kendala, login pada Windows Server 2008 R2 (DC yang baru)  masuk ke command prompt ketik ‘dcdiag’, pastikan domain controller yang baru ‘passed test’.



Menghapus DNS Server

Untuk menghapus DNS Server pada Windows Server 2003, Start, Control Panel, Add Or Remove Programs.
Lalu pilih Add/Remove Windows, Networking Services, Pilih Domain Name System (DNS) (hilangkan tanda pada DNS nya), kemudian klik Ok (2x), klik next.
Tunggu beberapa saat hingga akhirnya proses menghapus DNS Server selesai, klik finish untuk melanjutkan.




Disjoin Domain

Untuk disjoin Windows server 2003 menjadi workgroup dari Windows Server 2008 R2 yang baru, langkah – langkahnya adalah sebagai berikut  :
Klik kanan My Computer, Properties, Klik tab computer name,  Klik Change, pilih workgroup, klik Ok.



Untuk sementara sampai disini dulu, nanti kita ketemu lagi dalam jam dan gelombang yang sama.....

Salam,
Salman Farizy

https://www.mcpvirtualbusinesscard.com/VBCServer/salman_farizy/interactivecard
https://www.mcpvirtualbusinesscard.com/VBCServer/salman.farizy/interactivecard


4 komentar:

  1. ini dia yg dicari...hehehehe
    kebetulan kita sedang mau migrasi ke 2008 r2,memang telat seh yaa dimana yg lain sudah pake 2012 saya baru ke 2008..hehehe

    BalasHapus
  2. manteb om tutorialnya,,,, ^^

    BalasHapus
  3. windows server saya 2008 sp2,untuk client windows xp join ke domain itu bisa, tp untuk windows xp keatas kok mesti ada message an attemp to resolve the DNS name of a domain control...bla bla, setahu saya apakah harus menaikkan level domain server 2008?tp caranya saya nggak tahu,barangkali bisa bantu ,mohon pencerahannya jika njenengan ada solusi...terima kasih

    BalasHapus
  4. mau tanya mas, kalau kita migrasi dari 2003 ke 2008 apakah aplikasi yang sudah terinstall akan terhapus atau tetap ada?

    BalasHapus